Posted on Leave a comment

Tips Wallpaper untuk Ruangan Kecil

Tips Wallpaper untuk Ruangan Kecil

Wallpaper berfungsi untuk mempercantik ruangan. Manfaat lain adalah agar Anda tidak bosan dengan suasana ruangan. Sebab, biasanya dinding yang polos akan membuat Anda mudah bosan.

Meskipun demikian, jangan sembarang memilih wallpaper, terutama bila ruangan Anda kecil. Salah memilih wallpaper, ruangan Anda yang kecil, akan semakin terasa sempit.

Ada berbagai tips yang dapat Anda lakukan, saat akan memilih wallpaper di ruangan yang sempit, agar terkesan menjadi lebih luas. Berikut ini tipsnya:

Perhatikan motifnya

Kenali ruangan yang akan Anda pasangi wallpaper. Perhatikan perabot yang ada. Apabila perabot Anda lebih banyak yang bercorak, pilih wallpaper dengan motif minimalis atau tanpa motif sama sekali. Begitu juga jika perabot Anda sangat bervariasi baik dalam bentuk maupun corak. Pemilihan wallpaper yang minim corak ini untuk menghindari kesan ruangan yang terlalu ramai sehingga menjadi terkesan tambah sempit.

Sumber: id.aliexpress.com

Pilih wallpaper motif garis

Ruang sempit akan terkesan menjadi lebih luas jika menggunakan wallpaper motif garis. Pilih motif garis horisontal sehingga ruangan tampak lebih panjang. Gunakan warna-warna cerah atau warna lembut. Sebab, warna-warna cerah akan memantulkan cahaya sehingga ruangan akan terang. Efek ini juga memberikan kesan ruangan lebih luas.

Sebaliknya, hindari wallpaper garis berwarna gelap. Warna gelap akan menyerap cahaya, sehingga ruangan akan tampak sempit.

Bagaimana jika Anda tidak suka dengan motif garis? Jangan khawatir. Anda masih dapat memilih wallpaper bermotif bunga, asalkan pilih motif bunga yang tidak terlalu rapat.

Sumber: casadex.ro

Perhatikan jenis wallpaper

Salah satu tips wallpaper untuk ruangan kecil adalah pemasangan wallpaper yang rapi. Karenanya, Anda disarankan memilih wallpaper jenis vinyl. Jenis ini mudah dipasang, lebih rapi, serta memiliki daya tahan yang kuat. Ruangan yang rapi akan membuatnya tampak indah dan lebih luas.

Hindari banyak sambungan pada wallpaper

Sambungan-sambungan pada wallpaper akan membuat dinding tampak berantakan. Terlebih jika pemasangan wallpaper-nya kurang rapi. Siasati dengan memilih  wallpaper yang tidak perlu disambung-sambung. Cara lain, sambung wallpaper pada perbatasan dinding. Jika tidak memungkinkan, pasang wallpaper serapi mungkin, terutama bagian ujung-ujungnya agar menempel sempurna. Sebab, wallpaper yang tidak rapi akan membuat ruangan tampak berantakan dan terkesan sempit.

Pilih bahan wallpaper yang tepat

Bahan wallpaper juga dapat memberikan kesan ruangan menjadi lebih sempit atau luas. Pilih wallpaper dengan bahan yang tidak terlalu tebal. Hindari juga wallpaper dengan motif timbul. Kedua bahan ini dapat memberi efek ruangan lebih kecil daripada ukuran aslinya.

Perhatikan keseimbangan warna

Sesuaikan warna wallpaper dengan furnitur pada ruangan tersebut. Misalnya, jika warna sofa putih, dipadu dengan bantal kursi berwarna hijau, maka Anda dapat memilih wallpaper berwarna hijau atau putih. Jika Anda kesulitan menyesuaikan warna furnitur dengan wallpaper, pilihlah wallpaper berwarna netral. Misalnya, abu-abu, krem, cokelat, atau putih. Warna wallpaper yang tidak bertabrakan dengan furnitur atau perabot lainnya, akan memberi kesan ruangan yang lebih luas.

Sumber: rumahmu.web.id

Pilih wallpaper warna senada dengan furnitur

Agar ruangan tampak rapi, pilih wallpaper dengan warna yang senada dengan furnitur atau perabot lainnya. Misalnya, samakan warna wallpaper dengan warna sofa. Bisa juga menyamakan warna wallpaper dengan lemari hias di ruangan tersebut. Ruangan yang rapi dengan warna senada ini akan membuat ruangan terkesan lebih luas.

Sumber: livedesain.com

Pilih warna lembut

Warna-warna lembut pada wallpaper sangat berpengaruh pada ruangan kecil. Warna ini membuat ruangan menjadi tampak lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Warna lembut pun membuat efek teduh dan menenangkan bagi penghuninya. Satu hal yang perlu diperhatikan, hindari menggunakan warna yang terlalu terang. Sebab, selain terkesan menyilaukan, furnitur dan perabot yang ada akan tenggelam karena warna wallpaper yang terlalu dominan. Warna yang terlalu terang juga cenderung membuat ruangan menjadi terasa lebih sempit.

        Sumber: interdesain.com

Dengan menggunakan wallpaper, ruangan akan menjadi tampak lebih cantik. Namun, apabila ruangannya sempit, gunakan tips-tips di atas untuk membuatnya terasa lebih luas. Tips ini berlaku untuk ruangan apa saja di rumah Anda. Bisa ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, hingga dapur.

https://rumahlia.com/perawatan/dinding-tembok/tips-memilih-wallpaper-untuk-ruangan-sempit

http://www.interior-diy.com/blog/3-tips-memilih-wallpaper-untuk-ruang-tamu-minimalis/

http://greenwallpaper.co.id/tips-memilih-wallpaper-dinding-rumah/

http://properti.rakyatku.com/read/83177/2018/01/19/tips-memilih-wallpaper-untuk-ruangan-sempit

https://www.dekoruma.com/artikel/63211/tips-memilih-wallpaper-dinding-rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *