Posted on Leave a comment

Tips Wallpaper Dinding Kamar Awet Dan Tahan Lama

Hadir dengan motif yang beragam serta dapat membantu anda dalam mempercantik ruangan menjadi beberapa alasan utama mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan wallpaper sebagai penghias dinding kamarnya. Pasalnya selain memberikan tampilan yang lebih cantik, keberadaan wallpaper juga dapat membantu anda dalam menjaga kondisi dinding kamar dengan lebih baik, hal ini tidak lepas dari tingkat ketahanan wallpaper itu sendiri yang umumnya dapat digunakan hingga 10 tahun lamanya.

Meskipun dikenal dengan tingkat ketahanan yang lama, nyatanya banyak pula jenis wallpaper yang baru digunakan dalam beberapa tahun saja, namun ia justru memberikan tampilan yang kusam, sehingga menjadikan kondisi dinding kamar anda terlihat tua dan tidak terawat. Untuk menghindari hal tersebut, tentunya dibutuhkan perawatan khusus bagi wallpaper yang anda gunakan itu tadi. Hal ini berguna dalam menghindari pengaruh debu yang menempel padanya, serta menjadikan wallpaper jauh lebih bersih dari sebelumnya. Karena jika anda membiarkan wallpaper tersebut tanpa adanya perawatan sedikit pun, maka bukan tidak mungkin dinding kamar anda pun akan terlihat kusam, dan juga nampak lebih jelek dibandingkan dengan tidak menggunakan wallapaper sekali pun.

Untuk perawatan wallpaper dinding itu sendiri, tentunya anda harus memperhatikan beragam jenis material serta noda yang ada di dalamnya. Dengan demikian, proses perawatan wallpaper pun dapat dilakukan dengan lebih tepat. seperti halnya beberapa Tips wallpaper dinding kamar awet dan tahan lama yang akan penulis jelaskan berikut ini :

Perhatikan tahapan serta proses pemasangan wallpaper

Untuk melakukan perawatan wallpaper, maka ada baiknya jika anda memulainya dari tahap atau proses pemasangan wallpaper tersebut dilakukan. Pasalnya meskipun proses pemasangan wallpaper itu terkesan mudah dan bisa anda lakukan begitu saja, justru faktanya proses pemasangan wallpaper itu sendiri cukup sulit untuk dilakukan, Tidak jarang mereka yang baru pertama kali melakukan pemasangan pun membuat kesalahan yang kemudian menjadikan wallpaper dinding miliknya tersebut rusak dan justru tidak dapat digunakan kembali. Untuk itu, ada baiknya jika anda menyerahkan tahapan atau proses pemasangan dari wallpaper tersebut pada tenaga profesional atau layanan jasa pemasangan wallpaper yang tentunya lebih berpengalaman, dan dapat membantu anda dalam proses pemasangan wallpaper dinding kamar dengan lebih mudah.

Cek kondisi serta tingkat kelembapan dinding

Selain proses pemasangan ada baiknya jika anda memperhatikan kondisi dari dinding kamar yang akan ditempelkan wallpaper itu sendiri terlebih dahulu. Pasalnya proses pemasangan di atas tadi akan berpengaruh apabila kondisi dinding kamar yang digunakan sebagai objek pemasangan tersebut tidak sesuai dengan standar yang tepat untuk pemasangan wallpaper itu tadi. Seperti halnya kondisi atau kandungan air di bagian dinding kamar yang harus diperhatikan dengan lebih teliti. Pasalnya jika kandungan air di bagian dinding terlalu tinggi atau lembap, maka proses pemasangan wallpaper itu pun akan lebih cepat rusak. Untuk itu, ada baiknya jika anda memperbaiki tingkat kelembapan dinding itu sendiri terlebih dahulu. Seperti halnya melapisi dinding dengan menggunakan cat tertentu yang berguna sebagai anti lembap dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, pastikan pula untuk melakukan proses pemasangan pada jenis dinding kamar yang bersih. Dalam hal ini dinding kamar anda tidak dipenuhi debu atau bahkan kotoran yang berasal dari lapisan cat sebelumnya. Sementara itu, jika dinding kamar yang hendak anda pasangkan wallpaper tersebut termasuk dalam bangunan baru, maka pastikan pula bahwa dinding bagian dalamnya telah kering atau sebaliknya.

Memperhatikan bagian permukaan dinding

Selain tingkat kelembapan, tips selanjutnya yang harus anda ikuti adalah mengecek bagian permukaan dinding. Pasalnya untuk pemasangan wallpaper itu tadi akan lebih mudah dilakukan apabila dinding kamar tersebut berada dalam keadaan halus serta rata. Untuk itu, ada baiknya jika anda menjadikan kondisi dinding yang akan dipasang wallpaper dalam keadaan atau kondisi yang halus serta rata terlebih dahulu. Karena jika kondisi permukaan tidak rata, selain menjadikan tampilan wallpaper yang tidak nyaman, keberadaannya pun tidak akan bertahan dalam jangka waktu lama.

Permukaan dinding yang tidak halus, seperti halnya kasar dan juga tidak merata menjadikan proses pengeleman wallpaper sulit untuk dilakukan. Tidak hanya itu saja, jika wallpaper berhasil dipasang pun umumnya akan menunjukkan tonjolan atau benjolan yang menjadikan gambar atau tampilan dari wallpaper tidak sesuai dengan tampilan seharusnya. Bahkan dalam beberapa kasus, dinding yang telah ditempelkan wallpaper itu pun akan mengalami penumpukan gelembung di bagian bawahnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan kondisi dinding yang tidak merata, sehingga beberapa bagian wallpaper dinding itu pun tampil dengan udara yang terjebak di dalamnya.

Pengeleman wallpaper dengan lebih merata

Selain melihat dan memperhatikan kondisi dinding, pastikan pula untuk memperhatikan proses pengeleman yang hendak dilakukan. Bagian yang satu ini sangat penting dan juga harus dilakukan dengan lebih merata. Karena jika lem yang dioleskan tidak merata, maka bagian dinding kamar yang akan dipasang wallpaper pun akan nampak tidak rapi, dan juga tidak menempel serta menimbulkan adanya gelembung. Dari permasalahan tersebut, bukan hanya kondisi dinding kamar saja yang terlihat tidak indah, melainkan bagian wallpaper yang telah dipasangkan itu tadi pun akan lebih cepat rusak.

Karena itulah jika anda ingin mengganti bagian wallpaper dari dinding kamar anda yang lama dengan wallpaper yang baru, maka pastikanlah untuk melepas wallpaper sebelumnya terlebih dahulu. Karena jika anda mengganti wallpaper tersebut dengan cara menumpuknya pada bagian wallpaper lama, tentu saja wallpaper baru itu pun tidak akan menempel dengan sempurna. Hal inilah yang menjadikannya rusak dengan lebih mudah.

Basmi noda membandel pada wallpaper

Bagian selanjutnya yang juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah membasmi noda membandel yang terdapat pada wallpaper kamar yang anda miliki. Seperti yang anda ketahui wallpaper tidak dapat bertahan lama apabila ia mengalami kerusakan, dan salah satu penyebab kerusakan itu sendiri muncul dari noda yang menempel padanya. Seperti halnya noda makanan, minuman dan lainnya, meskipun terbilang sulit untuk dibersihkan, beberapa noda membandel yang menempel pada bagian wallpaper dinding anda pun kini dapat dibersihkan dengan lebih mudah, salah satu caranya dapat anda bersihkan dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis.

Caranya cukup mudah untuk anda lakukan, yang mana jeruk nipis yang telah dipersiapkan anda peras terlebih dahulu, setelah itu campur air perasan dengan menggunakan air hangat. Apabila telah selesai, campuran air hangat serta jeruk nipis tersebut pun dapat anda oleskan pada bagian wallpaper yang bernoda, kemudian gosok menggunakan spon yang lembut. Setelah itu diamkan beberapa saat, kemudian lap kembali menggunakan kain kering yang halus, maka noda membandel pun akan menghilang dengan seketika. Sementara itu, jika anda menggunakan jenis wallpaper dengan bahan dasar kain, maka anda dapat menggunakan bantuan sikat untuk menghapus noda menggunakan campuran air serta jeruk nipis tadi.

Perawatan pada wallpaper dinding berbahan kertas

Dibandingkan dengan beragam jenis wallpaper untuk dinding kamar lainnya, jenis wallpaper berbahan dasar kertas ini dikenal sebagai bagian yang paling favorit dan banyak digunakan. Namun untuk proses perawatannya itu sendiri sebaiknya anda lakukan dengan lebih hati-hati. Pasalnya kertas dikenal sebagai salah satu bahan yang cukup rapuh. Untuk itu, jika anda ingin membersihkan bagian permukaan wallpaper berbahan dasar kertas tersebut, maka sebaiknya anda gunakan jenis lap kering. Sementara itu, untuk membersihkan bagian dinding yang tinggi, anda dapat menggunakan sapu yang sebelumnya telah dibalut terlebih dahulu dengan menggunakan kain atau kaos bekas sebagai bentuk alat pembersih alternative lainnya.

Pembersihan menggunakan air hangat serta sabun khusus

Tips selanjutnya yang dapat membantu anda dalam merawat wallpaper dinding kamar adalah menggunakan campuran pembersih dari air hangat dengan sabun khusus. Cara perawatan yang satu ini umumnya dilakukan untuk membersihkan wallpaper yang terbuat dari bahan vinyl atau pun akrilik. Pasalnya jenis wallpaper tersebut dapat dibersihkan dengan lebih mudah menggunakan air hangat dan juga jenis sabun yang cukup ringan. Apabila telah selesai, anda dapat menyekanya dengan menggunakan kain kapas atau bahkan menggunakan bantuan dari spons yang lembut sehingga tidak merusak permukaan wallpaper.

Tidak hanya itu saja, jenis wallpaper yang satu ini juga dikenal cukup tahan terhadap kotoran atau noda minyak, kemudian kondisi suhu yang lembab, serta lebih toleran pada beragam proses pembersihan yang dilakukan. Namun agar ia tetap terjaga dan tampil indah, maka pastikanlah untuk menghindari penggunaan alat pembersih dengan sifat abrasive, seperti spons kasar, atau bahkan batu apung. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena dapat merusak bagian dari lapisan vinyl yang dimiliki wallpaper itu tadi.

Wallpaper kamar brewsterwallcovering

Selain beberapa jenis wallpaper dengan cara perawatan yang telah disebutkan sebelumnya, ada pula jenis wallpaper dinding kamar yang juga dikenal dengan pemberian bahan pengisi. Hal ini dilakukannya untuk memberikan efek tebal serta menjadikan kondisi dinding kamar berada dalam keadaan empuk. Merujuk pada hal tersebut tentunya proses perawatan dari segi pembersihan pada jenis wallpaper ini pun jelas harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Selain itu alat yang digunakan pun tidak boleh tajam dan kasar. Sementara itu, untuk sentuhan terakhir, anda juga dapat menggunakan bantuan dari alat dry cleaning yang berfungsi untuk mengeringkan bagian wallpaper dari dinding kamar anda lebih cepat.

Pembersihan wallpaper dengan bahan anyaman serat

Apabila dibandingkan dengan jenis wallpaper dinding dari bahan kertas, tentunya jenis wallpaper yang terbuat dari bahan anyaman ini jelas membutuhkan bentuk perawatan yang lebih sulit untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan celah-celah kecil yang dimilikinya dan tentu saja keberadaan celah itu dapat menyimpan debu dengan lebih mudah. Karena itulah bagi anda yang menggunakan jenis wallpaper dinding yang satu ini, maka pastikanlah untuk melakukan proses pembersihkan wallpaper secara rutin. Karena jika tidak maka kotoran pun dapat menumpuk dan menjadikan tampilan wallpaper dinding yang anda gunakan tidak indah dan cepat rusak. Sementara itu, untuk membersihkannya itu sendiri, anda dapat menggunakan alat dari lap yang lembab sehingga dapat mengangkat kotoran seperti halnya debu dari anyaman dengan lebih mudah.

Perawatan untuk wallpaper dengan bahan dasar kain

Pada bagian di atas telah sedikit disinggung mengenai cara perawatan wallpaper yang dibuat dengan bahan dasar kain. Pada dasarnya jenis wallpaper yang satu ini dapat dibersihkan dengan cukup mudah, seperti halnya membersihkan kursi sofa atau bahkan karpet yang mana hal tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan dari alat vacuum cleaner. Selain itu, anda juga dapat menggunakan bantuan sikat seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk mengangkat noda yang membandel. Hal ini dikarenakan noda membandel akan lebih mudah untuk dihilangkan apabila ia disikat terlebih dahulu.

Namun sebelum menyikat kotoran tersebut, pastikanlah untuk menambahkan sedikit bagian dari air hangat sehingga kotoran atau noda itu pun dapat terangkat dengan lebih mudah. Namun jika noda masih saja menempel, maka anda pun dapat menggunakan campuran air hangat dengan sabun khusus. Akan tetapi ketika proses menyikat, pastikanlah untuk melakukannya dengan lebih hati-hati. Pasalnya jika dilakukan secara kasar, maka bukan tidak mungkin serat-serat kain yang dimilikinya pun akan tercabut dan membuat wallpaper dinding anda berada dalam keadaan rusak

Hindari menempel barang secara rapat pada bagian dinding

Tips selanjutnya yang juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah menghindari menempel beragam jenis barang di bagian wallpaper dinding. Hal ini jelas sulit untuk dilakukan, pasalnya dinding dikenal sebagai media yang dapat membantu anda untuk menempel beragam jenis barang seperti halnya jam dinding, gantungan, hiasan, foto dan lainnya. Jika anda ingin membuat wallpaper dinding yang anda gunakan tersebut lebih tahan lama, maka sebaiknya anda hindari pemasangan beberapa hal yang telah disebutkan itu tadi, mengapa demikian? Karena pada beberapa bagian yang ditempel pada dinding itulah anda seringkali melupakan proses perawatan dari pembersihan yang dilakukan pada bagian wallpaper. Tidak heran jika kemudian bagian wallpaper yang tidak terkena oleh beragam tempelan dengan dinding wallpaper yang digunakan sebagai objek tempelan itu pun menunjukkan perubahan yang berbeda baik dari segi warna atau bahkan tingkat kelembapannya, utamanya untuk jenis wallpaper dengan bahan kertas dan juga wallpaper kain.

Jaga wallpaper dalam keadaan kering

Setiap wallpaper dikenal dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Namun dari sekian banyak jenis wallpaper yang ada dan juga digunakan oleh masyarakat itu ada baiknya jika anda menjaga kondisi wallpaper yang telah terpasang untuk selalu berada dalam kondisi kering. Mengapa demikian? Pasalnya banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan jenis wallpaper kertas, sementara itu wallpaper dengan bahan yang satu ini dikenal rapuh dan tentunya lebih mudah rusak seperti halnya robek apabila ia berada dalam keadaan basah. Untuk itu pastikanlah anda hindari beragam jenis minuman atau pun air dan juga barang-barang basah lainnya untuk tidak mendekati jenis wallpaper yang satu ini. Karena jika benda basah tersebut dibiarkan menempel terlalu lama, pada bagian wallpaper itu tadi, maka dapat dipastikan wallpaper itu pun akan mengalami kerusakan, baik itu perubahan warna, menjadi lebih lembab atau bahkan wallpaper yang mengelupas dan juga robek dengan lebih mudah.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat yang dapat penulis jelaskan kali ini mengenai beberapa cara perawatan yang tepat dalam Tips wallpaper dinding kamar awet dan lebih tahan lama, yang mana setiap tips atau perawatan itu sendiri memiliki cara yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini pun bergantung pada jenis wallpaper dinding kamar yang digunakan, karena setiap wallpaper tersebut umumnya hadir dengan bahan pembuat yang berbeda, dimulai dari bahan kertas yang banyak diminati, bahan kain, hingga bahan akrilik atau vynil yang lebih tahan lama.

url gambar :

https://www.rumah.com/berita-properti/2016/4/121557/ketahui-7-hal-ini-sebelum-memasang-wallpaper

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2147315/tips-memperbaiki-wallpaper-dinding-yang-rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *