Posted on Leave a comment

Cara Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi

Memilih keramik lantai kamar mandi tidak kalah penting dibandingkan dengan bagian-bagian lain di rumah Anda. Kamar mandi yang bersih, nyaman, dan indah pun menjadi dambaan semua orang. Meskipun hanya berupa kamar kecil, kamar mandi menjadi sebuah ruangan yang menyenangkan bagi banyak orang.

 

Keramik lantai kamar mandi sebaiknya disesuaikan dengan tema kamar mandi yang Anda inginkan. Hal ini juga berpengaruh pada warna. Misalnya, jika Anda menginginkan kamar mandi bernuansa shabby chic, maka Anda bisa memilih warna biru muda atau baby pink untuk interior kamar mandi, termasuk pada keramik lantainya.

Dalam memilih keramik lantai kamar mandi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tujuannya agar kamar mandi tampak lebih luas, terang, dan nyaman ketika digunakan untuk beraktivitas.

 

Berikut ini cara memilih keramik lantai kamar mandi yang dapat Anda terapkan:

Sesuaikan dengan keinginan

Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda-beda dalam memilih keramik lantai kamar mandi. Karenanya, sesuaikan motif keramik kamar mandi dengan keinginan Anda. Diskusikan juga dengan pasangan atau orang yang akan tinggal serumah, seperti orang tua, adik, atau saudara. Ada orang yang menyukai warna kamar mandi yang terang, ada juga yang menyukai warna-warna pastel. Warna apa pun, tersedia untuk kamar mandi jenis apa pun. Untuk megetahui motif dan warna keramik yang paling cocok, Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu di toko keramik atau melalui internet.

Sumber: Dekorrumah.net

 

Sesuaikan dengan anggaran

Keramik lantai kamar mandi, apa pun motifnya, tersedia dalam berbagai harga. Belilah keramik lantai kamar mandi sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan. Kadang-kadang, begitu melihat motif yang lebih bagus, Anda berubah pikiran. Padahal harganya di atas anggaran yang sudah ditetapkan. Jangan sampai hal ini terjadi, karena nantinya biaya akan membengkak.

Perhatikan warna

Ketika memilih keramik lantai kamar mandi tipe minimalis, perhatikan warnanya. Jika kamar mandi Anda cukup sinar matahari, silakan pilih keramik kamar mandi dengan warna sedikit gelap. Namun, lakukan sebaliknya jika kamar mandi Anda tidak cukup mendapatkan cahaya matahari. Pilih keramik dengan warna terang agar ruangan terkesan lebih luas. Warna pastel juga bisa menjadi pilihan. Warna ini terasa teduh sekaligus membuat kesan ruangan yang lebih besar daripada ukuran sebenarnya.

Selain warna terang dan pastel, Anda dapat memilih keramik lantai kamar mandi berwarna putih. Kamar mandi minimalis biasanya berukuran kecil. Asalkan rapi, kamar kecil yang benar-benar berukuran kecil dapat terlihat lebih luas. Warna putih dapat membantu membuat ruangan menjadi lebih rapi, sehingga menambah kesan luas.

Sumber: Pinterest.com

 

Pilih yang permukaannya kasar

Tekstur motif keramik kamar mandi ada dua macam. Pertama, yang permukaannya halus dan licin. Jenis yang ini cocok untuk bagian dinding. Kedua, yang permukaannya kasar. Yang ini pas untuk bagian lantai kamar mandi. Tekstur kasar ini bertujuan agar lantai kamar mandi tidak licin. Tentu saja akan berbahaya apabila Anda menggunakan keramik yang permukaannya halus pada lantai kamar mandi.

Sumber: Pinterest.com

 

Jangan lupakan ukuran keramik

Ketika memilih keramik lantai kamar mandi, terutama pada jenis kamar mandi minimalis, Anda tidak bisa mengabaikan ukuran. Apalagi saat ini sudah ada beragam ukuran keramik lantai kamar mandi yang dapat dipilih. Yang perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran keramik, akan membuat ruangan tampak semakin luas. Pilih ukuran keramik yang besar, tetapi sebaiknya disesuaikan juga dengan luas kamar mandi. Jangan sampai keramik pada lantainya hanya perlu lima buah keramik karena Anda memilih keramik yang terlalu besar untuk kamar mandi mungil.

Sesuaikan motifnya

Keramik lantai kamar mandi jenis minimalis tidak cocok menggunakan motif yang terlalu ramai. Keramik dengan banyak ornamen justru akan membuat kamar mandi terasa lebih sempit. Sebaiknya Anda memilih keramik bermotif sederhana dengan sesedikit mungkin motif, atau pilih keramik polos saja. Kedua jenis keramik ini akan membantu memberi kesan kamar mandi lebih luas.

Sumber: Rooang.com

 

Cara memilih keramik lantai kamar mandi ini bisa diterapkan pada semua jenis kamar mandi. Misalnya, kamar mandi minimalis, kamar mandi luas, kamar mandi bergaya vintage, kamar mandi bergaya shabby chic, maupun kamar mandi untuk anak.  Tips-tips di atas juga bisa Anda gunakan ketika memilih keramik pada lantai ruangan lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *