Posted on Leave a comment

Cara Agar Dapur Bersih dan Rapi

Cara Agar Dapur Bersih dan Rapi

Cara agar dapur bersih dan rapi, tidak sulit dilakukan. Dapur yang bersih dan rapi tentu saja impian semua orang. Jika dapur selalu bersih dan rapi, Anda akan merasa nyaman. Selain itu, kesehatan juga dapat lebih terjaga. Sebab, dapur yang kotor bisa menjadi sarang kuman. Alih-alih menyehatkan badan dengan makanan yang disajikan, Anda dan keluarga bisa terserang penyakit karena kondisi dapur yang tidak bersih.

Sayangnya, salah satu ruangan favorit bagi perempuan ini, tidak selalu bisa dalam kondisi bersih dan rapi. Agar dapur bersih dan rapi meskipun Anda aktif beraktivitas di sini, ada tips khusus yang perlu diketahui.

Inilah cara agar dapur bersih dan rapi setiap hari:

Bersihkan langsung

Cara agar dapur bersih yang utama adalah selalu membersihkannya langsung, setiap habis menggunakan area ini. Bersihkan meja dapur, permukaan di sekitar kompor, permukaan-permukaan lain, serta lantai. Jika ada bumbu yang tumpah, segeralah membersihkannya. Begitu juga jika ada makanan atau minuman lengket yang tercecer atau jatuh di lantai. Segera bersihkan dengan menggunakan air. Jangan menunda membersihkan dapur, apalagi sampai berhari-hari, karena akan membuat dapur lebih sulit dibersihkan.

Kosongkan tempat cuci piring

Cara agar dapur bersih selanjutnya adalah hindari menumpuk piring, gelas, atau peralatan memasak di tempat cuci piring, dalam keadaan kotor. Sisa-sisa makanan pada wadah-wadah tersebut akan membuat dapur menjadi tampak jorok dan berantakan. Selain itu, sisa-sisa makanan yang didiamkan akan mengundang binatang sumber penyakit. Cucilah piring, gelas, dan alat-alat memasak, setiap selesai memasak. Letakkan kembali di tempatnya masing-masing. Jangan meninggalkan sisa-sisa makanan di bak cuci piring. Buang sisa-sisa kotoran itu di tempat sampah. Setelah bak cuci kosong, sikatlah hingga bersih.

Sumber: Rooang.com

 

Keringkan

Dapur bersih, salah satunya syaratnya adalah tidak ada ceceran air. Perhatikan area sekitar bak cuci piring, yang paling mungkin dalam kondisi becek. Setelah selesai mencuci piring, sebaiknya letakkan di rak yang dekat dengan bak cuci, untuk meniriskan air. Tujuannya agar tetesan air tidak membasahi area sekitarnya. Setelah piring atau peralatan masak kering, barulah diletakkan di tempat masing-masing.

Bersihkan kompor

Kompor menjadi salah satu peralatan utama dalam memasak. Ketika memasak, biasanya ada percikan-percikan minyak atau masakan. Dinding dan lantai tempat dudukan kompor pun akan kotor. Begitu juga dengan kompor itu sendiri. Mungkin saja terkena tumpahan makanan dari panci, pada saat proses memasak. Bersihkan bagian-bagian kompor, dinding di sekitarnya, serta lantai tempat dudukan kompor. Jangan menunda membersihkan bekas percikan minyak atau masakan pada kompor, karena lama kelamaan akan membuat kompor menjadi berkarat.

Sumber: Prelo.co.id

 

Hilangkan bau

Dapur bersih berarti juga bebas bau. Jenis masakan tertentu yang Anda olah, dapat menimbulkan uap yang terlalu pekat. Uap inilah yang kemudian dapat menyebabkan bau. Karenanya, usahakan agar sistem sirkulasi udara di dapur tertata dengan baik, agar uap mudah terbawa ke luar dari dapur. Cara lain, Anda dapat menggunakan bahan-bahan atau penyerap bau, yang diletakkan di dapur.

Jaga kebersihan pisau dan alas pemotong

Pisau yang kotor terkena sisa bahan makanan, bisa menjadi sarang kuman. Apalagi jika pisau tersebut bekas digunakan untuk memotong daging mentah. Begitu juga dengan alas pemotong, terutama yang terbuat dari kayu. Agar pisau dan alas pemotong tidak terkontaminasi kuman penyakit, segera cuci bersih setiap selesai digunakan.

Sumber : dekoruma.com

 

Simpan di tempat tersembunyi

Cara agar dapur bersih dan rapi selanjutnya adalah menyimpan peralatan atau perlengkapan memasak, di tempat tersembuyi. Hal ini untuk menghindari dapur tampak berantakan. Manfaatkan laci, kabinet, dan lemari dapur, untuk menyimpan sebanyak mungkin peralatan. Cara lain, gantunglah peralatan memasak, di dinding dapur. Dengan catatan, usahakan menggantung peralatan sesedikit mungkin. Satu hal lagi yang mungkin menjadi masalah dalam mengusahakan dapur bersih dan rapi adalah makanan yang masih ada. Hindari membiarkan makanan yang masih ada di panci begitu saja. Lebih baik pindahkan kelebihan makanan ke dalam wadah, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Tujuannya sama, yaitu untuk mempertahankan dapur bersih dan rapi.

Sumber : Sunlight.co.id

 

Sediakan tempat penyimpan

Rak tertutup yang memiliki banyak laci atau kabinet yang memiliki banyak ruang, akan sangat dibutuhkan. Tentu saja ini adalah salah satu cara agar  dapur bersih dan rapi. Rak dan kabinet ini berfungsi untuk menyimpan berbagai wadah bumbu dan alat-alat memasak atau alat makan. Kelompokkan wadah bumbu menjadi satu. Simpan juga sendok, garpu, serta alat makan lain, terpisah dari kumpulan wadah bumbu. Yang juga harus diperhatikan, alat makan dan alat memasak yang hanya digunakan pada waktu tertentu, simpan di tempat terpisah dari alat memasak dan makan yang digunakan setiap hari.

Atur wadah

Simpan wadah bumbu menurut kegunaannya. Wadah bumbu yang paling sering digunakan, letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Kondisikan tempat-tempat bumbu ini selalu dalam keadaan kering. Jangan sampai lembap, karena akan merusak bumbu sekaligus membuat dapur menjadi kotor dan bau.

Sediakan meja

Anda akan memerlukan meja untuk berbagai aktivitas di dapur. Misalnya, memilah-milah bahan masakan, meracik makanan, menulis catatan, makan, atau merapikan berbagai peralatan memasak dan makan. Letakkan meja ini jauh dari kompor dan bak cuci piring, serta kondisikan agar selalu bersih.

Atur cahaya

Usahakan dapur Anda memiliki akses untuk mendapat sinar matahari yang cukup. Pilih juga warna cat yang terang untuk dinding dapur. Agar lebih lengkap, pilih peralatan memasak dan makan yanng berwarna terang. Dapur yang terang akan memberi kesan dapur bersih. Hal ini juga berguna untuk membantu agar dapur tidak lembap dan terjaga kesehatannya.

Sumber: sembilanstudio.com

 

Sediakan tempat sampah

Tempat sampah adalah benda yang harus ada sebagai cara agar dapur bersih dan rapi. Letakkan tempat sampah di tempat yang strategis atau mudah dijangkau, tetapi jauh dari tempat penyimpanan makanan. Pisahkan antara sampah basah dan kering. Jangan menunggu tempat sampah terlalu penuh, karena bisa membuat dapur malah menjadi kotor dan bau.

Sumber: interiordesign.id

Dapur bersih dan rapi tidak akan tercipta begitu saja. Anda harus pandai mengatur barang-barang di dalamnya, mengatur tata letaknya agar aktivitas Anda di dapur berlangsung efektif, serta rajin membersihkan semua areanya. Jika hanya dibayangkan, cara agar dapur bersih dan rapi, memang agak repot dan melelahkan. Namun, jika sudah dilakukan dan hasilnya adalah terciptanya dapur bersih, rapi, dan sehat, semua jerih payah Anda di dapur, akan terbayar lunas.

https://gendies.com/ini-cara-menata-dapur-agar-selalu-bersih-dan-rapi/

http://cintaihidup.com/listicle/19389

https://www.cleanipedia.com/id/kamar-mandi-dapur/cara-menata-dapur-agar-rapi-dan-ringkas

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3442118/tips-menata-dapur-agar-selalu-terlihat-bersih

https://parenting.dream.co.id/decor/terapkan-3-trik-mudah-agar-dapur-selalu-bersih-170714d.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *