Posted on Leave a comment

29 Cara Membasmi Tikus di Rumah dengan Cepat

29 Cara Membasmi Tikus di Rumah dengan Cepat

 

Tikus adalah hewan yang paling menjengkelkan. Cara membasmi tikus ternyata tidak harus dengan bahan kimia. Ada bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan di rumah agar tikus tidak berani hadir.

Selama ini banyak orang yang bingung karena belum tahu cara membasmi tikus dengan cepat, karena belum tahu caranya. Padahal, jika sudah tahu, dijamin, tikus-tikus menyebalkan itu tidak akan pernah kembali lagi ke dapur atau ruangan lain.

Inilah beberapa cara membasmi tikus di rumah dengan cepat:

  1.    Menggunakan cuka

Tikus tidak bisa berhubungan dengan bau cuka. Hewan pengerat yang satu ini secara alami akan sangat sensitif terhadap aroma cuka. Karenanya, tikus akan segera pergi ketika ada cuka.

Langkah pertama dalam membasmi tikus di rumah menggunakan cuka adalah dengan membersihkan ruangan yang biasanya didatangi tikus. Bersihkan lantainya dari kotoran-kotoran, sebab biasanya tikus datang karena ada remah-remah makanan atau sisa-sisa bahan makanan yang tumpah. Setelah lantainya bersih, gosok menggunakan cairan cuka, seperti ketika mengepel lantai. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Siapkan bola-bola kapas, lumuri dengan cuka, lalu letakkan pada tempat-tempat yang biasa didatangi tikus. Letakkan juga bola kapas tersebut di jalan yang dilalui tikus.

Diamkan bola-bola kapas tersebut hingga beberapa hari. Jika kapas sudah kering, ganti dengan kapas yang baru, yang juga sudah diolesi cuka. Lakukan penggantian kapas ini secara teratur.

  1.    Menggunakan kulit telur

Cara membasmi tikus di rumah selanjutnya adalah menggunakan kulit telur. Biasanya telur akan menjadi sampah yang sudah tidak akan dipikirkan lagi. Namun, kini waktunya Anda memperlakukan benda ini sebagai sesuatu yang berguna. Manfaatkan kulit telur untuk megusir tikus agar tidak kembali lagi ke rumah. Bagaimana caranya?

Jemur kulit telur sampai agak kering. Jika dirasa terlalu lama, Anda bisa memanaskannya dengan memanggang di dalam oven. Setelah kering, haluskan kulit telur menggunakan blender. Giling sampai menjadi menjadi bubuk. Lalu, taburkan bubuk kulit telur itu di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Bubuk kulit telur ini juga ampuh untuk mengusir semut dan kecoa.

  1.    Menggunakan kantung teh celup bekas

Kantung teh celup bekas terkenal sebagai bahan yang bisa mengurangi sembab pada mata. Namun, di sini kantung teh celup ini menjadi salah satu cara membasmi tikus di rumah.

Caranya, letakkan kantung teh celup bekas di tempat-tempat yang biasa didatangi tikus. Pepermin yang terkandung pada kantung teh celup ini akan membuat hidung tikus teriritasi, sehingga indera penciuman hewan pengerat ini tidak lagi berfungsi dengan baik.

Jadi, mulai saat ini, jangan buang kantung teh celup bekas saat Anda selesai minum teh.

  1.    Menggunakan daun sirsak

Daun sirsak tidak hanya dapat digunakan sebagai obat herbal para penderita kanker, tapi juga bisa digunakan untuk menghalau tikus. Alasannya adalah daun sirsak mengandung zat yang dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai hewan pengerat itu.  Bisa dijamin, setelah ada daun sirsak, tikus-tikus tidak akan datang lagi.

Cara menggunakannya adalah, ambil beberapa lembar daun sirsak. Sobek-sobek agar aroma daunnya lebih tercium. Letakkan sobekan-sobekan daun ini pada tempat yang sering dilalui atau didatangi tikus. Jika daun sirsak sudah kering, ganti dengan daun baru yang masih segar.

  1.    Menggunakan kapur barus

Selama ini kapur barus sudah dikenal sebagai pengusir kecoa atau semut. Ternyata, benda ini dapat digunakan juga untuk mengusir tikus.

Caranya mudah saja. Anda hanya perlu membeli kapur barus di toko. Bersihkan lokasi yang selalu didatangi tikus. Setelah bersih, letakkan kapur barus di tempat tersebut.

  1.    Menggunakan buah mengkudu

Buah yang baik untuk kesehatan ini juga baik untuk mengusir tikus. Caranya juga mudah. Siapkan buah mengkudu. Potong-potong menjadi beberapa bagian agar aromanya dapat lebih tercium. Tempatkan potongan-potongan buah tersebut di dalam wadah, lalu letakkan di lokasi  yang biasa menjadi sarang tikus.

Ganti buah mengkudu yang sudah kering dengan buah yang baru, setelah beberapa minggu sekali.

  1.    Menggunakan lada hitam

Siapa bilang lada hitam hanya bisa melezatkan masakan? Bumbu masakan ini juga bisa menjadi salah satu cara membasmi tikus di rumah. Aroma pedas yang menguar dari lada hitam tidak disukai tikus. Begitu pula rasa pedas yang dihasilkan  oleh bumbu masakan ini.

Cara membasmi tikus dengan menggunakan lada hitam adalah taburkan saja biji-biji lada hitam ke tempat yang disukai tikus. Nantinya tikus-tikus itu tidak akan mau muncul lagi di tempat tersebut.

  1.    Menggunakan kopi

Sama seperti lada hitam, kopi juga termasuk bahan makanan yang baunya tidak disukai oleh tikus.

Caranya, ambil kopi yang sudah berupa bubuk. Taburkan di tempat yang biasa dilewati tikus atau menjadi sarang tikus.

Selain memberikan aroma yang tidak disukai, menaburkan bubuk kopi ini tujuannya untuk mengaburkan penciuman tikus. Dengan demikian, tikus tidak lagi masuk ke dalam rumah.

  1.    Menggunakan bawang putih

Cara membasmi tikus di rumah dengan cepat juga bisa menggunakan bawang putih. Tikus memang tidak menyukai bahan-bahan masakan yang wanginya menyengat. Karenanya, bawang putih ampuh untuk mengusir hewan pengerat ini dari rumah Anda.

Caranya yaitu bawang putih diiris tipis-tipis. Bungkus irisan bawang putih ini dengan kain kasa lalu letakkan di tempat yang sering dilewati tikus. Silakan buktikan, beberapa hari kemudian tikus tidak akan datang ke tempat tersebut lagi.

  1. Menggunakan bawang merah

Sama dengan bawang putih, bawang merah memiliki bau khas yang menyengat, yang tidak disukai oleh tikus. Iris-iris bawang merah, lalu letakkan di tempat-tempat yang merupakan sarang tikus. Dengan bau menyengat seperti ini, lama kelamaan tikus tidak pernah datang lagi ke tempat tersebut.

  1. Menggunakan cabai

Bahan masakan yang satu ini juga menjadi salah satu cara membasmi tikus yang ampuh. Namun, Anda tidak bisa meletakkan cabai begitu saja di sarang tikus. Ada cara tersendiri untuk menghalau tikus menggunakan cabai.

Caranya adalah, siapkan satu sendok teh cabai yang sudah berupa bubuk. Campurkan dengan satu sendok deterjen. Tambahkan air, lalu aduk hingga rata. Masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada tikus-tikus yang berseliweran. Hati-hati dengan mata Anda sendiri. Gunakanlah pelindung mata agar mata Anda tidak terasa perih saat menyemprotkan larutan ini untuk tikus.

  1. Menggunakan jengkol

Zat racun Ureum yang terdapat pada jengkol dapat membuat tikus enggan dengan aromanya, apabila dilarutkan pada air rendaman.

Tikus akan lebih cepat mati apabila diberi dosis 200g dan 400g dikarekakan larutan lebih encer dan cepat menguap. Sedangkan dosis 600g dan 800g akan sulit menguap. Tetapi dosis yang tinggi dan pekat akan menimbulkan efek yang lebih ganas. Leher tikus dan perut tikus akan membengkak akibat efek  racun tersebut.

Caranya adalah hancurkan kulit jengkol dengan menggunakan blender hingga halus. Kemudian tempatkan dalam wadah yang bisa digunakan untuk menyemprot, semprot pada tempat yang biasa jadi sarang tikus.

  1. Menggunakan cengkeh

Dengan aroma yang khas, ternyata tikus tidak menyukai aroma cengkeh ini, lain halnya dengan manusia.

Caranya adalah keringkan cengkeh dan tempatkan pada kain kasa, lalu taruh pada sarang tikus atau yang biasa dilalui tikus-tikus.

  1. Menggunakan daun mint

Aroma mentol yang keluar dari daun mint ini membuat tikus enggan mendekat. Daun mint ini cukup efektif. Cara menggunakannya pun mudah.

Tumbuk daun mint hingga halus. Agar praktis, bisa juga menggunakan blender. Jangan lupa campur dengan air. Jika sudah halus, tempatkan pada wadah yang dilengkapi semprotan. Semprotkan pada sarang tikus atau di tempat yang biasa dilewati tikus.

  1. Menggunakan kulit durian

Buah durian yang mempunyai aroma yang khas ini ternyata baunya tidak disukai tikus. Kali ini yang digunakan hanya kulit durian, untuk mengusir tikus.

Caranya adalah cukup menaruh kulit durian di pojok-pojok ruangan, sarang tikus, atau tempat yang biasa dilalui tikus.

  1. Menggunakan bedak bayi

Aroma yang ditimbulkan bedak bayipun tidak disukai oleh tikus. Jadi, Anda bisa memakai bedak bayi sebagai salah satu cara membasmi tikus di rumah.

Caranya adalah cukup menaburkan bedak ditempat-tempat yang biasa dilewati tikus ataupun sarang tikus. Sedikit atau banyak tidak masalah, asalkan tidak ditempatkan dekat makanan.

  1. Menggunakan Smartphone

Mencoba smartphone dengan aplikasi pengusir tikus pada appstore atau googleplay yang dapat di download. Cara ini cukup efektif juga, dengan aplikasi gratis kita dapat mengusir tikus dengan mudah.

  1. Menggunakan baking soda

Hewan pengerat yang kita sebut tikus ini tidak dapat bersendawa dan muntah. Jadi apabila tikus ini memakan baking soda, perutnya akan kembung berisi gas dan tidak bisa keluar. Lama-kelamaan tikus akan mati.

Cara yang digunakan adalah membalurkan cairan baking soda atau bubuk baking soda ke makanan. Kemudian letakkan makanan tersebut dekat sarang tikus atau jalan yang sering dilalui oleh tikus. Tanpa makanan juga bisa, yaitu dengan cara membalurkan cairan baking soda di dekat got, sudut got, atau jalanan yang sering dilalui oleh tikus.

  1. Memelihara Jangkrik

Memelihara jangkrik juga dapat mengusir tikus karena suara yang ditimbulkan jangkrik sangat tidak disukai tikus. Suara jangkrik yang keras dan berisik mengganggu pendengaran tikus.

Anda hanya perlu memeklihara jangkrik di dalam sangkar, lalu letakkan di tempat yang biasa menjadi sarang tikus.

  1. Menggunakan muah maja

Buah maja juga dapat digunakan untuk mengusir tikus dikarenakan ada zat yang membuat tikus tidak suka akan buah tersebut.

Caranya pun sangat mudah. Taruh buah maja di sekitar sarang tikus atau tempat yang biasa dilewati tikus. Lama kelamaan tikus akan tahu ada buah tersebut lalu tidak akan datang atau lewat lagi di tempat itu.

  1. Menggunakan amonia

Jika Anda belum tahu, amonia adalah zat cair yang bau yang biasa tercium pada air seni. Bau seperti ini, selain tidak disukai oleh manusia, juga tidak disukai oleh tikus. Karenanya, manfaatkan untuk membasmi tikus.

Caranya, siapkan dua sendok deterjen. Campurkan dengan seperempat gelas air. Lalu, tambahkan dua cangkir amonia. Aduk hingga rata. Letakkan cairan ini di tempat-tempat yang biasa menjadi sarang tikus.

  1. Menggunakan daun salam

Sebenarnya tikus akan memakan semua benda, termasuk daun salam. Namun, daun ini bertekstur kasar dan tidak bisa lumat. Karenanya, daun ini dapat membunuh tikus ketika hewan-hewan itu memakannya.

Meletakkan daun salam di tempat-tempat yang biasa menjadi sarang tikus pada awalnya memang akan membuat tikus-tikus itu memakan daun salam. Namun, lama kelamaan tikus-tikus itu tidak akan berani lagi muncul di tepat itu. Jadi, Anda jangan pernah bosan meletakkan daun salam dan rutin menggantinya jika daun salam itu sudah kering.

  1. Menggunakan rambut manusia

Mungkin Anda baru mendengar bahwa rambut manusia dapat membuat tikus takut. Sebenarnya bukan langsung membuat takut, tapi membuat tikus kapok memakannya karena rambut manusia yang termakan akan menyebabkan tikus mati. Cara membasmi tikus di rumah seperti ini bisa Anda tiru.

Taruhlah beberapa helai rambut manusia di lubang tikus. Hewan ini memang akan memakan rambut tersebut, tapi lama kelamaan tikus tahu itu berbahaya dan tidak akan berani datang lagi.

  1. Memelihara kucing

Seperti yang sudah kita ketahui, tikus takut terhadap kucing. Kondisi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara membasmi tikus di rumah. Peliharalah kucing di rumah. Setelah itu lihatlah hasilnya. Tikus-tikus akan takut datang lagi ke rumah Anda. Satu hal lagi kelebihan dari memelihara kucing adalah, hewan ini memiliki penciuman yang tajam. Jadi, di mana pun ada tikus, kucing dapat melacak lalu mengusirnya.

  1. Dengan minyak serai

Minyak atsiri adalah minyak esensial dengan wangi-wangian yang khas. Minyak atrisi bisa bermacam-macam. Misalnya, minyak serai. Aroma serai sebenarnya harum dan membuat nyaman. Namun, itu berlaku untuk manusia. Sementara, pada tikus, aroma yang keluar dari minyak ini justru membuat tikus takut.

Bubuhi minyak serai pada sarang tikus dan jalan-jalan yang dilalui oleh hewan pengerat itu. Jika ada bau dari minyak serai di tempat itu, tikus pun tidak akan tahan berada di tempat tersebut.

  1. Dengan minyak kayu putih

Minyak kayu putih termasuk minyak atsiri yang aromanya juga tidak disukai oleh tikus. Wangi ini akan terasa sangat menyengat bagi tikus dan membuat hewan tersebut tidak suka.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak kayu putih dengan konsentrasi lima dan sepuluh persen efektif membuat tikus takut. Caranya adalah oleskan minyak kayu putih pada tempat yang menjadi sarang tikus. Hewan pengerat ini pun tikak berani lagi muncul di tempat tersebut.

Namun, hati-hati jika Anda juga memelihara kucing. Minyak kayu putih juga tidak baik untuk kucing dan mungkin saja membahayakan.

  1. Menggunakan racun tikus

Memberi racun tikus bisa menjadi cara membasmi tikus di rumah dengan cepat. Cara ini juga terbilang ampuh. Mencari racun tikus pun tidak sulit. Anda bisa membelinya di supermarket terdekat. Lalu, tinggal meletakkan racun tikus di tempat-tempat yang selama ini menjadi sarang tikus atau tempat lewat tikus.

Sayangnya, menggunakan racun tikus tidak langsung membuat hewan-hewan ini mati. Perlu waktu untuk menunggu tikus-tikus itu mati. Lagipula, tikus itu akna mati di sembarang tempat yang membuat Anda mungkin menemukan bangkainya atau justru mencium bau bangkai yang bangkainya berada di tempat tersembunyi.

Kekurangan lain ketika menggunakan racun tikus adalah, ada kemungkinan racun tersebut termakan oleh hewan peliharaan atau anak-anak. Jadi, ada baiknya mempertimbangkan kembali cara membasmi tikus di rumah dengan cara ini.

  1. Menggunakan lem tikus

Cara ini lebih mudah dan aman dibandingkan dengan menggunakan racun tikus. Anda hanya perlu membeli lem tikus di toko, lalu menyiapkan tripleks atau alas untuk meletakkan lem. Taruh alas yang sudah diberi lem tersebut di tempat yang biasa dilalui tikus. Waktu yang paling tepat untuk meletakkan alas tersebut adalah di malam hari. Paginya, Anda akan mendapatkan tikus-tikus yang terjebak di lem tersebut. Setelah itu gantilah alas yang digunakan dan lakukan kembali cara ini dari awal.

  1. Alat perangkap tikus

Mungkin Anda sudah tahu alat perangkap tikus. Alat ini dapat dibeli di toko-toko khusus yang banyak di sekitar Anda. Yang perlu Anda lakukan setelah membeli alat-alat ini adalah memasang makanan di alat tersebut, sebagai perangkap.

Letakkan alat tersebut di tempat tikus berkumpul. Sama seperti menggunakan lem tikus, sebaiknya pasang alat ini di malam hari. Paginya, Anda akan mendapati tikus yang terjebak  di dalam perangkap.

Jika menggunakan lem tikus ada kemungkinan lebih dari satu tikus yang terjebak, tapi jika menggunakan alat perangkap tikus, hanya bisa satu tikus yang terperangkap.

Ada banyak cara membasmi tikus di rumah dengan cepat. Anda dapat memilih cara-cara di atas. Jika cara pertama tidak berhasil, bisa mencoba cara ketiga dan seterusnya. Yang paling penting, pilih cara yang aman untuk seluruh anggota keluarga, termasuk hewan peliharaan.

https://tokotoko.id/cara-mengusir-tikus/

https://blog.urbanindo.com/2018/04/cara-mengusir-tikus/

https://www.liputan6.com/health/read/2630246/14-cara-mudah-usir-tikus-rumah-tanpa-racun

https://ohgitu.id/cara-mengusir-tikus/

https://penjagarumah.com/cara-mengusir-tikus/

https://www.dekoruma.com/artikel/53379/cara-mengusir-tikus-alami-aman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *