Posted on Leave a comment

10 Dapur Unik Dengan Desain Kitchen Set Modern

Kitchen set merupakan salah satu elemen penting dari sebuah dapur yang menentukan nilai aspek fungsional dan estetika dari ruang tersebut. Berikut ini 10 desain kitchen set modern yang dapat menjadi inspirasi untuk membangun sebuah dapur yang tidak hanya fungsional; tetapi juga indah dipandang.

Kitchen Set Dengan Aksen Stainless Steel Karya Victoria Hagan

Bahan stainless steel merupakan material yang kuat, tahan lama dan memiliki tampilan menarik. Tidak salah jika desainer Victoria Hagan membuat sebuah kitchen set dengan aksen berupa bahan tersebut. Kitchen set ini dapat diaplikasinya untuk dapur domestik maupun komersial mengingat aspek fungsionalitas dan estetika yang sangat baik.

Kitchen set ini terbagi dalam dua area berupa bagian kitchen set yang melekat di sisi tembok dan sebuah meja countertop yang juga berfungsi sebagai area kerja dan tempat penyimpanan. Bagian yang menempel ke tembok terdiri dari 3 lapis area. Bagian terbawah terdiri dari 2 ruang penyimpanan berupa kabinet dan laci yang mengapit oven dengan kompor berbahan bakar gas di bagian atasnya. Bagian atas ruang penyimpanan dapat dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa perangkat seperti alat makan hingga mesin pemanggang tori atau pembuat kopi.  Sementara itu lapisan ketiga di bagian atas terdiri dari dua buah kabinet berukuran besar yang mengapit sistem pembuangan gas sisa pembakaran kompor gas.

Bagian meja countertop memiliki dua layer area berupa ruang penyimpanan pada bagian bawah dan wastafel serta area kerja di atas meja. Selain dapat dimanfaatkan sebagai area kerja saat memasak; meja yang dilengkapi dengan kursi tersebut juga dapat digunakan sebagai meja makan. Keberadaan oven dan kompor gas, sistem pembuangan gas pembakaran dan wastafel dari bahan stainless steel dijadikan aksen ruang dapur dengan mayoritas warna putih.

Bright and White Karya Alexander Gorlin

Kitchen set kedua ini memiliki tata letak yang serupa dengan memadukan sebuah meja dan kitchen set kabinet yang melekat di tembok. Kelebihan tata letak tersebut memungkinkan dapur juga dimanfaatkan sebagai ruang makan ataupun ruang sosial karena ada ruang yang cukup luas di sekitar meja. Pemilihan warna putih membuat ruang terkesan bersih dan luas serta memudahkan menempatkan elemen dekorasi dengan warna cerah yang membuat dapur lebih menarik.

Bagian kitchen set kabinet terdiri dari kulkas, area kerja dengan kelengkapan kompor memasak serta oven yang terintegrasi. Kulkas berukuran besar ditempatkan di sisi kiri. Sedangkan kompor masak di bagian tengah dilengkapi sistem pembuangan gas di bagian atasnya. Sebuah kabinet berukuran besar ditempatkan tepat di bawah kompor dan juga pada bagian atas area kerja; tepat di samping sistem pembuangan gas sisa pembakaran. Pada sisi kanan digunakan untuk menempatkan oven dan kabinet berukuran besar di atasnya.

Sementara itu meja dengan keseluruhan bagian berwarna putih digunakan sebagai area kerja, meja makan dan untuk menempatkan wastafel. Bagian bawah meja digunakan sebagai ruang penyimpanan dengan pintu pada satu sisi. Elemen dekoratif dapat ditempatkan di bagian meja untuk mempercantik tampilan dapur.

Elemen Kayu Karya Shelton, Mindel & Associates

Kitchen set ini dipadukan dengan sebuah bar table yang dapat digunakan sebagai meja makan dan pada sisi lain dapat digunakan sebagai area kerja atau menyajikan masakan. Perpaduan yang membuat dapur menjadi makin fungsional tanpa kehilangan penampilan yang menarik. Kitchen set dengan kesan panjang ditempatkan di satu sisi ruangan. Kabinet Bulthaup digunakan sebagai elemen dasar kitchen memanjang tersebut. Terdapat 7 deret kabinet dengan dua spesifikasi berbeda; kabinet satu pintu dan kabinet dengan sebuah laci yang dijadikan ruang penyimpanan utama. Mengingat ada cukup banyak ruang penyimpanan di bagian bawah; kitchen set ini diletakkan tepat di muka jendela dan tidak dilengkapi ruang penyimpanan di bagian atas yang menempel dinding.

Pada bagian atas jajaran kabinet terdapat area kerja, wastafel dan kompor berbahan bakar gas. Di bagian atas kompor terdapat instalasi pembuangan gas dan di bagian kanan dan kirinya terdapat rak untuk menempatkan elemen dekoratif berupa gelas dan mangkuk. Area kerja pada sisi kiri kompor digunakan untuk menempatkan mesin pembuat kopi; sedangkan pada sisi kanan kompor ditempatkan mesin pemanggang roti.

Sentuhan Industrial Karya isabel Lopez-Quesada

Sebuah setup kitchen set yang modern dengan kesan industrial ini sangat cocok digunakan untuk dapur komersial. Tata letak kitchen set berbentuk L dengan sebuah meja kerja berukuran cukup besar di bagian tengah. Ruang penyimpanan Bulthaup kabinet kembali digunakan di dapur ini. Kabinet berwarna putih tersebut dimanfaatkan sebagai pondasi area kerja berbentuk huruf L yang diisi oleh wastafel berukuran besar, oven microwave dan oven panggang. Pada salah satu ujungnya ditempatkan kulkas berukuran cukup besar dengan warna logam yang senada dengan peralatan dapur yang lain.

Sementara itu table island di bagian tengah memiliki desain berkaki logam dengan ruang penyimpanan Bulthaup tepat di bawah countertop berbahan stainless steel. Bagian tersebut digunakan sebagai area kerja berukuran besar yang dilengkapi dengan sebuah wastafel dan kompor masak berbahan bakar gas Gaggenau yang dilengkapi dengan hood sistem pembuangan gas tepat di atasnya. Kesan industrial yang kental, aksen stainless steel dan kelengkapan perangkat serta area kerja yang luas menjadikan kitchen set ini sangat cocok digunakan untuk dapur komersial modern.

Perpaduan Batu dan Kayu Karya Rockwell Group

Kitchen set karya Rockwell ini memiliki tampilan elegan dengan memadukan elemen kayu dan batu sebagai aksen utamanya. Elemen kayu mendominasi bagian kabinet dan ruang penyimpanan; sedangkan bagian countertop serta samping meja memiliki aksen batu marmer yang elegan. Tata letak dapur ini memadukan dua buah meja dan kitchen set yang terintegrasi pada salah satu sisi ruangan.

Dua buah meja marmer dengan kabinet beraksen kayu dapat dimanfaatkan sebagai area kerja ataupun meja makan. Salah satu meja memiliki kabinet tertutup dengan pintu kayu. Sedangkan meja yang lain menggunakan kabinet berpintu kaca yang dapat digunakan untuk menempatkan koleksi anggur ataupun bahan masakan dalam kemasan. Elemen dekoratif dapat ditempatkan di atas meja untuk mempercantik tampilan dapur modern.

Kitchen set berukuran besar dengan ruang penyimpanan bertingkat pada bagian atas memberi ruang penyimpanan ekstra besar. Sisi kiri area digunakan untuk menempatkan kulkas dan oven microwave. Sedangkan sisi kanan area kerja digunakan untuk menempatkan kompor serta oven panggang. Sebuah sistem pembuangan gas sisa pembakaran ditempatkan tepat di atas kompor. Sementara itu wastafel diletakkan di sebelah kanan kompor.

Stainless Steel Kitchen Set Karya Robert Passal

Robert Passal merancang kitchen set dengan bahan stainless steel untuk sebuah dapur modern kecil. Tata letak kitchen set ini berbentuk huruf U dengan dua sisi menempel pada dinding dapur. Salah satu sisi kitchen set yang melekat pada dinding digunakan sebagai area kerja dengan ruang penyimpanan bertingkat. Pada layer terbawah terdapat tiga kabinet yang dipadukan dengan dua laci penyimpanan; seluruhnya berbahan stainless steel. Area kerja untuk mempersiapkan bahan masakan dan wastafel berada di atas kabinet tersebut. Tepat pada atasnya kembali terdapat tiga deret kabinet besar berbahan stainless steel.

Sisi lain kitchen set yang menempel di bagian dinding digunakan sebagai area kerja dan ruang penyimpanan. Pada sisi kiri terdapat kabinet dan laci dengan bahan stainless steel. Sedangkan sebuah Miele oven serta cooktop berbahan bakar gas berada di sebelah kanan yang dilengkapi hood sebagai bagian sistem pembuangan gas sisa pembakaran kompor.

Sisi kanan kitchen set yang tidak menempel dinding dapat dimanfaatkan sebagai area kerja untuk aktivitas mempersiapkan bahan masakan dari sisi dalam. Sedangkan dari sisi luar dapat digunakan sebagai meja makan. Bagian meja ini juga dilengkapi kabinet dan laci penyimpanan dengan seluruh bagian terbuat dari bahan stainless steel. Kitchen set ini cocok digunakan untuk rumah modern minimalis dengan tema industrial ataupun tema futuristik.

Kitchen Set Beraksen Turquoise Karya Delphine Krakoff Dari Pamplemousse Design

Sebuah kitchen set minimalis yang terintegrasi dengan meja makan menjadi sebuah karya unik. Dominasi warna putih dan motif kayu membuat area dapur terkesan bersih dan hangat. Delphine Krakoff menambahkan unsur menarik berupa kursi dengan satu kaki berbahan metal dengan alas tempat duduk berwarna turquoise yang menjadi aksen menarik dari dapur ini.

Kitchen set minimalis ini terdiri dari dua bagian area kerja dengan salah satunya melekat pada dinding dan satu bagian lain berupa meja panjang. Kitchen set yang melekat ke dinding memiliki warna putih dengan aksen garis berwarna abu – abu. Bagian bawah kitchen set dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan berupa kabinet yang dipadukan dengan beberapa laci. Tepat di atasnya digunakan sebagai area kerja dengan menempatkan kompor gas bertipe cooktop. Pada bagian atas area kerja kembali digunakan sebagai ruang penyimpanan berupa kabinet berukuran besar dan hood instalasi pembuangan gas sisa pembakaran.

Bagian kedua berupa meja panjang  terbagi menjadi dua bagian utama. Salah satu bagian meja berperan sebagai area kerja yang ditandai dengan ruang penyimpanan beraksen motif kayu di bawahnya. Sebuah wastafel ditempatkan di salah satu ujung meja yang dilapisi dengan table top berwarna putih. Batas area kerja dapat ditandai dengan elemen dekoratif di atas meja; tepat di ujung kabinet pada bawah meja. Sisa ujung lain meja yang tidak dilengkapi kabinet di bawahnya dapat digunakan sebagai meja makan dengan kursi metal beraksen seat turquoise.

Materi Campuran Karya Steven Harris Dan Lucen Rees Roberts

Sebuah kitchen set pada dapur dengan tata letak huruf U memadukan warna putih, perangkat stainless steel dan ruang penyimpanan dengan warna kayu. Harris dan Roberts merancang dapur dengan mengutamakan aspek fungsional tanpa kehilangan sentuhan yang artistik. Pada ujung layout huruf U terdapat area kerja dengan perangkat oven dan kompor countertop yang dilengkapi dengan hood instalasi pembuangan gas sisa pembakaran. Pada sisi kanan tata letak huruf U dimanfaatkan secara optimal sebagai ruang penyimpanan. Terdapat empat tingkat ruang penyimpanan dengan kabinet bermotif kayu.

Sisi lain dari tata letak huruf U terdapat tiga tingkat area fungsional. Bagian bawah dimanfaatkan secara optimal sebagai ruang penyimpanan. Corian kabinet dan counter dengan wastafel digunakan pada bagian ini. Terdapat area kerja cukup luas di sisi kanan dan kiri wastafel dengan sisi terluar dapat dimanfaatkan sebagai meja makan di dalam ruang dapur.

Dapur Materi Alami Karya Marwan Al-Sayed dan Jan Showers

Dapur dengan tema alami dibangun pada salah satu ujung ruang yang dilengkapi dengan pintu dan dinding kaca mengarah ke taman. Sebuah titik menarik untuk menempatkan sebuah dapur. Tata letak dua baris berjajar digunakan untuk menempatkan area kerja yang efektif dengan ruang terbuka di atas meja yang cukup luas. Perangkat Boffi kabinet, counter top, sink dan sink fitting digunakan untuk menghasilkan tampilan elegan yang berpadu dengan bahan – bahan bertema alami.

Sisi kanan kitchen set terletak di sisi kanan ruang penyimpanan berukuran besar dengan tipe kabinet bertingkat. Sebuah kulkas dua pintu tertanam di dalam kabinet untuk menghasilkan integrasi unik dengan dinding. Sisi bawah area kerja digunakan sebagai ruang penyimpanan yang memadukan kabinet dan laci. Pada bagian atasnya terdapat kompor countertop Boffi yang dilengkapi dengan hood untuk instalasi pembuangan gas sisa pembakaran.

Sedangkan sisi kanan menggunakan desain meja berukuran besar dengan dua buah wastafel sink di sisi yang berbeda pada posisi berseberangan. Penataan tersebut memberi dua ruang di atas meja yang cukup besar yang saling berseberangan. Bagian bawah meja tetap digunakan sebagai ruang penyimpanan dengan tipe kabinet. Meja ini dapat dimanfaatkan sebagai area kerja untuk mempersiapkan bahan masakan dan juga digunakan sebagai meja makan. Dua buah lampu gantung klasik Murano menegaskan kesan elegan di dapur bertema alami yang menggunakan lantai bermotif kayu oak putih.

Dapur Pop Art Modern Karya Marvin Herman & Associates

Marvin Herman merancang dapur minimalis yang terkesan modern dengan sentuhan dekorasi Pop Art. Dapur sederhana ini memiliki tata letak dua lajur yang menghasilkan sebuah gang di tengah ruang fungsional dapur. Pada sisi kanan gang terdapat area kerja yang kompleks. Diawali dengan kulkas berukuran besar yang melekat pada kabinet buatan Baluthaup. Jajaran kabinet dan laci Baulthaup dengan ukuran berbeda menempati sisi bawah tepat di bawah wastafel dari produsen yang sama yang dilengkapi dengan perangkat kran buatan KWC. Pada bagian ujung meja; terdapat oven dan kompor countertop yang dilengkapi dengan hood sistem pembuangan gas di atasnya. Area kerja di antara wastafel dan kompor digunakan untuk meletakkan sebuah mesin pemanggang roti. Tepat di atasnya; terdapat elemen dekoratif berupa lukisan Pop Art karya Roy Lichtenstein.

Pada sisi meja yang lain; terdapat jajaran kabinet buatan Baulthaup yang menjadi dasar meja. Bahan stainless steel mendominasi seluruh bagian dapur ini untuk menghasilkan kesan modern industrial. Tepat di seberang mesin pemanggang roti; terdapat perangkat oven yang menyatu pada kabinet yang ada di atasnya. Sedangkan sisi kanan oven dapat dimanfaatkan sebagai area kerja atau digunakan sebagai meja makan yang fungsional di area dapur. Sebuah elemen dekoratif lain diletakkan di ujung gang berupa karya Pop Art bergambar Elvis Presley dengan kostum koboi karya seniman Andy Warhol.

Kesepuluh dapur inspiratif tersebut dapat dijadikan referensi merancang kitchen set ataupun membuat dapur modern yang tidak hanya fungsional; tetapi juga memiliki penampilan artistik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *